BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

7.14.2010

Tumis Kangkung yang Menelan Korban!

Jumat siang itu.. tepatnya 3 Juli 2010 - jam 12:34 WIB

Gue masih dalam status pekerja magang di rumah sendiri (gantiin pembantu yang pulang kampung). Beberapa hari terakhir sebelum hari Jumat itu gue baru sadar kalo gue jarang memanusiawikan orang-orang rumah dengan masakan-masakan gue yang kurang wajar. Iya... Gue kalo masak (beberapa hari itu) ya sejadi-jadinya aja kayak anak SD kelas 4 yang ditinggal keluar kota sama orangtuanya, paling hebat bikin nasi goreng kecap pake telor dadar - itu aja udah berasa mewah banget.
Kasian adek gue kalo kaya begini terus bisa bisulan atau mal-nutrisi tiap hari makan telor lagi telor lagi telor lagi - lagi lagi telor.

Nah siang itu ga tau kesambet apa gue berinisyatif buat memperbaiki kualitas pangan anggota keluarga gue di rumah, ya minimal menu-menu yang mepet-mepet standarisasi 4 Sehat - 5 Sempurna gitu kali yaa... Rencana gue udah mateng di kepala, pokoknya hari ini mesti masak sayur, tempe goreng, telur (lagi).

Pulang dari pasar - dengan bahan baku lengkap yang sudah disesuaikan sama perencanaan menu, mulai terdengar suara klontang-klontang di dapur rumah, berisik berisik deh mumpung lagi sepi pada pergi sholat Jumat..
Ya... karena gue anak perempuan ibu satu-satunya, khusus hari Jumat siang rumah gue hanya milik kami berdua (gue dan ibuuu) yeayy!! hahahahhh...

#lanjut di dapur...

Tempe mendoan udah rapi kesusun di piring saji, sekarang tinggal masak sayurnya aja... nah ini ni ni ni... awalnya pergulatan seru gue dengan wajan, panci, dan minyak-minyak ini berjalan wajar-wajar saja sampai pada akhirnya waktu mau numis kangkung...
step pertama kan harus masukin mentega nya dulu ke wajan, lalu tunggu sampe menteganya mencair baru masukin irisan bawang putih yang kemudian harus dioseng (supaya wangi).. tapi begitu gue ngeliat tumpukan kangkung yang jumlahnya agak banyak itu gue pikir menteganya kurang kalo cuma satu sendok, jadi gue tambahin satu sendok lagi... pas mau gue masukin ke wajan, menteganya lengket di sendok, bener-bener gak mau jatoh ke wajan... akhirnya... bagai koki-koki handal di tipi gue mengayunkan sendok yang ketempel mentega itu ke arah wajan yang udah ada mentega cair mendidihnya... (padahal menurut hitungan logis gue, keras kekuatan ayunan sendok yang gue hempasin ke cairan panas di dalam wajan yang memungkinkan timbulnya percikan / muncratan ituuu - GA BAKAL sampe juga ke muka gue - dengan jarak wajan dan muka yang segini jauh...) ya kan??
Tapi logika gue meleset detik itu, pas bunyi pluk! (pas menteganya jatoh) ternyata tenaga jatohnya lebih besar dari perkiraan gue sebelumnya, jadi minyak mendidih tadi tiba-tiba loncat dan muncrattt kemuka gue, dan masuk ke mata gue sebelah kanan...!
Astagaaaa Ibuuuuu - anaknya cacat dah..

Panik... iya, tapi gue berusaha tenang. hahaha...
Tapi ga bisa! tetep panik, gue khawatir buta permanen aja sih. astaghfirullah...
Rasanya menggelegar, mentega ini menggigit genit.. (halah!)
iya... rasanya panas ganas!
rasanya... bibir gue cenat-cenut kaya mau lepas..

Tuhan marahkah kau padaku?
(back soundnya: lagu Sherina Munaf buat Tsunami Aceh)

Gue lari kaya babi buta grasak-grusuk ke kamar mandi yang terdekat dari dapur dan lalu mencuci muka gue sejadi-jadinya dengan air dingin.. gue ga tau ini khasiatnya apa (atau mungkin ini bad idea buat kecelakaan luka bakar) pokoknya naluri gue maksa untuk harus cuci muka aja deh, gatau lah... Panik! Yaudah gue main air terus aja dah tu di kamar mandi.
Nah, mungkin pas lari-lari grusak-grusuk itu ibu gue denger trus nyamperin gue...
Pas tau gue keciprat minyak mendidih, beliau malah ikutan panik - terus sama-sama panik - tapi bedanya gue paniknya goblok, kalo ibu gue paniknya pinter.. Beliau langsung ambil pasta gigi trus nyuruh gue olesin ke bagian yang kena percikan panas itu..
Oh God... Menthol pasta gigi ini MEMBUNUHKU !!
Perihnya gatau lagiii !!
rasanya pengen tereak-tereak guee... "AMPUNKAN DENAI YOO MANDEE!!" (>o<)"

[lebay juga fhy... ga ngebantu apa-apa juga kalo tereak-tereak...]
ya gataulah! naluri panik, gue takut aja tu muka bakal cacat permanen..
masa gue jadi kaya korban TKW Malaysia di rumah gue sendiri?? kan malu - betapa bodohnya... (-_-)''

dan beberapa saat setelah kepanikan gue mereda.. gue ditemukan terkapar lemas di atas tempat tidur di kamar ibu sambil mengkompres muka dengan bungkusan plastik berisi es batu..
"Ampun dijeeee!!"

 Ini bercak luka bakar yang meng-cover bibir gue...


 Nah ini nih... "Tolong lihat aku.. jawab pertanyaanku.." (lagunya Armada itu mah fhy! :p hehehe)
Ya, ya... yaa... Tiap bercermin gue jadi ketawa sendiri selama beberapa hari itu gue berasa jadi anak gaul banget deh pokoknyaa.. pake tatoo batik yee kaannn..? di muka pula!
Astaghfirullah.. hahahah..

Wooof.. Jujur - percikan minyak itu buat gue trauma ga mau ke dapur lagi.. Ga mau maen masak-masakan lagi.. :((
Tapi inilah gue, begitu adik gue pulang dan bilang..
"Uni.. aku laper...Masakannya udah jadi??" tiba-tiba gue bangun aja dulu dari kasur trus nyelesein masakan yang tadi belom jadi gue kelarin. Ya.. ga ada itu trauma-trauma, BANCI!
orang niat awalnya emang masak buat makan siang dia, ya harus jadi makan siang dia - no matter what! ;-)
...dan akhirnya gue menyelesaikan apa yang belum gue selesaikan tadi di dapur..
hasiLnyaaaa, not bad lah buat koki pemula ber-IQ jongkok seperti gue.. :p

Tumis Kangkung rasa udang.. (^_^)v

adek gue bilang - nilainya 10+ (yeah, gue rasa dia basa-basi doang ga tega ngeliat uninya masak sampe mukanya compang-camping begini.. :p Huahahaha..)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
cerita mengenaskan tambahan:

Bokap pulang jumatan juga minta disiapin makan siang dan mau nyobain tumis kangkung buatan anak perempuan satu-satunya ini...
"Wah.. enak.. enak.. Uni pinter masak ya.." kata bokap.. (awalnya)
"Tapi itu muka uni kenapa?" (sambil nunjuk corak-corak tatoo yang terpampang manis di muka gue yang mendadak gaul banget..
Lalu ibu kasih tau ke bokap kalo muka gue begitu karena kena minyak panas waktu masak makan siang yg sedang beliau makan sekarang..
eh tiba-tiba bokap gue mengeluarkan kata-kata simpel dan menusuk..
"Bikin malu aja.."

Hoahahahaha..
Ampun paa... Iyeee dah ntar ga pake ciprat-cipratan lagi dah.. jahat.. (-_-)!"
masi untung anaknya kaga jadi buta ni...
beuhhh,, sedih dah..
Kangkung ini meluluh-lantahkan harkatku sebagai anak perempuan.. hikss...
#pilunya hati ini. hahahah.

cape dah abang goyang-goyang..
udah dah dah cerita kangkungnya, intinya 1 - Tumis kangkung gue nilainya 10 lohhhh!!

HURAIYY!! (^o^)/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

semangat sayang :)